Sabtu, 31 Oktober 2009

Ikhwan juga manusia..

"Rocker juga manusia.. punya hati.. punya rasa.." sebuah lrik lagu yang sempet nge-trend di lingungan ane. Tetapi diplesetkan menjadi.. "Vendor juga manusia.. punya hati.. punya rasa.." simple tapi sangat mengena..!!


Akhir-akhir ini ane mendapatkan.. entahlah apakah itu teguran atau sebuah ejekan.. ada yg bilang "ente.. ikhwah masih doyan lembur.. kapan ibadahnya.??" pengen rasanya nampol tuch orang yang ngomong kaya gitu. Kalo ga inget hadits .. "...... seorang muslim haram menumpahkan darah, merampas harta dan menodai kehormatan muslim lainnnya (HR Muslim)



Kata-katanya itu loch .. emang kalo ane lembur trus ane ga ibadah..?? akhirnya ane cuekin aja.. hi..hi.. emang enak ane kacangin..

Sob.. ane sich masih husnudhon aje ama ente.. mungkin ente berusaha mengingatkan ane.. untuk menyeimbangkan antara dunia dan akhirat.. tapi ape ente lupa kalo kerja juga ibadah bahkan itu sebuah perintah suci dari Allah azza wa jalla dan Rasulullah saw..

"Kami telah menjadikan untukmu semua didalam bumi itu sebagai lapangan mengusahakan kehidupan. Tetapi sedikit sekali kamu berterima kasih." (QS. Al A'raf: 10)

Dan dalam sebuah hadits:
"Demi, jika sesorang diantara kamu membawa tali dan pergi kebukit untuk mencari kayu bakar, kemudian dipikul kepasar untuk dijual, dengan bekerjaitu Allah mencukupi kebutuhanmu, itu lebih baik daripada ia meminta-minta kepada orang lain (HR. Bukhari Muslim)

Sob.. kalo ente mendefinisikan ibadah itu hanya berkecimpung diseputar Sholat, dzikir, puasa.. ente salah sob..

Sob.. Coba ente buka-buka lagi materi-materi yang pernah ente dapet.. buka dach materi Marifatul Islam bab Khosoisul Islam (karakteristic Islam) point 3, 4 ama 5 (Syumuliyah, Al Waqi'iyah, Al Wasathiyah)

Sob.. ada sebuah buku bagus yang kayanya ente kudu beli (buku ane ude dihibahkan) yang judulnye: "Sudahkah Kita Tarbiyah? Refleksi seorang Mutarrabbi" tulisan Eko Noviyanto..

Sob.. jangan ente sama ratakan orang2 yang mencari nafkah sampai larut malam untuk memenuhi kebutuhan keluarganya dengan orang-orang yang workholic yaitu orang2 yang hanya mengejar sisi duniawi saja.. itu beda sob.. ibarat bumi dan langit.. karena orang2 yang mencari nafkah sampai larut malam untuk memenuhi kebutuhan keluarganya telah di hibur oleh Rasulullah saw dalam beberapa hadits

"Sesungguhnya Allah suka kepada hamba yang berkarya dan terampil (profesional atau ahli). Barangsiapa bersusah payah mencari nafkah untuk keluarganya maka dia serupa dengan seorang mujahid di jalan Allah Azza wa jalla (HR. Ahmad)

"Sesungguhnya diantara dosa2 ada yang tidak bisa dihapus (ditebus) dengan pahala shalat, sedekah, atau haji namun hanya dapat ditebus dengan kesusah payahan dalam mencari nafkah (HR. Ath Tabrani)

"Barangsiapa pada malam hari merasakan kelelahan dari upaya ketrampilan kedua tangannya pada siang hari maka pada malam itu ia diampuni oleh Allah (HR. Ahmad)

Sob.. adalah bijaksana bila kita selalu menempatkan diri kita pada orang lain dalam melakukan sesuatu, bukan sebaliknya. Sehingga kita dapat merasakannya dan dikemudian hari kita tidak lagi menyakiti hati (mendholimi) saudara kita..

( Jangan Kau Sakiti Saudaramu ya ikhwah....)

"Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar (seruan) yang menyeru kepada iman, (yaitu): "Berimanlah kamu kepada Tuhanmu", maka kamipun beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah bagi kami dosa-dosa kami dan hapuskanlah dari kami kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang banyak berbakti." (Qs.Ali Imran:193)

Imam Hasan al Banna mengemukakan:
"Islam adalah sistem yang syamil 'menyeluruh' mencakup semua aspek kehidupan. Ia adalah negara dan tanah air, pemerintah dan umat, moral dan kekuatan, kasih sayang dan keadilan, peradaban, dan undang-undang, ilmu pengetahuan dan hukum, materi dan kekayaan alam, penghasilan dan kekayaan, jihad dan dakwah, pasukan dan pemikiran. Sebagaimana ia adalah aqidah yang murni dan ibadah yang benar, tidak kurang tidak lebih"

By Ikhwankopral
30 October 2009

Maraji:
1. 1100 Hadits terpilih (Sinar Ajaran Muhammad) oleh: Dr Muhammad Faiz Almath

0 komentar:

Posting Komentar